Share

Thursday 14 May 2015

Contoh Analisis SWOT



Contoh Analisis SWOT

Ilustrasi CONTOH ANALISIS SWOT

Dalam setiap bidang, analisis SWOT sangat berguna. Menggunakan analisis SWOT sangat mudah dipahami bagi siapapun yang ingin mengetahui unsur kekuatan atau kelemahan pada suatu hal yang sedang dilakukannya. SWOT merupakan kepanjangan dari Strength yang berarti kekuatan, Weakness yang artinya kelemahan, Opportunity artinya peluang, dan Threat yang berarti ancaman. Contoh analisis SWOT ini bisa ditemukan dalam segala bidang.

Metode SWOT

Metode analisis SWOT sangat berguna untuk melihat suatu masalah atau kasus dari empat sisi yang berlainan. Hasil dari melakukan analisis ini bisa mengarahkan atau menambah nilai peluang, sambil menganalisis faktor-faktor kekurangan dan kelemahan agar bisa memperbaharuinya atau menyelesaikannya.

Contoh cara analisis SWOT bisa dilakukan dalam hal apa pun. Misalnya untuk memasarkan produk, membuat atau menciptakan produk, membahas suatu permasalahan dan lainnya. Misalnya untuk kehidupan pribadi pun Anda bisa membuat analisis SWOT. Ketika memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan memilih jurusan kuliah, Anda bisa melakukan analisis SWOT.

Berikut akan dibuat analisis SWOT pendirian sebuah usaha. Misalnya contoh kasus Anda ingin mendirikan sebuah distro di kota tempat Anda tinggal, Tangerang. Masing-masing kelemahan dan kelebihannya akan dianalisis.

Analisis SWOT untuk Sebuah Usaha

Berikut analisis SWOT usaha pendirian Distro Clothing di Villa Tangerang Elok, Tangerang

Strenght (Kekuatan)

•    Tingkat kompetisi yang relatif sedikit (tanpa pesaing) karena di Tangerang usaha yang bergerak di bidang distro clothing.
•    Produk yang akan dijual lebih lengkap dan bervariasi
•    Harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah dari toko-toko pakaian biasa
•    Kualitas dari produk distro menjadi unggulan

Weaknessess (Kelemahan)

•    Lokasi usaha yang jauh dari pusat kota
•    Nama usaha yang masih belum familiar di masyarakat. Umumnya masyarakat lebih mengenal franchise daripada distro clothing.
•    Sebagian produk yang dijual hampir sama dengan yang dijual dipasaran (sama jenisnya saja)
•    Masyarakat masih menganggap toko dengan model distro menawarkan harga mahal

Opportunities (Peluang)

•    Banyaknya perumahan baru yang sedang dibangun di sekitar kota Tangerang dan dekat dengan lokasi membuat banyak pendatang baru di Tangerang. 
•    Pertumbuhan usaha properti bisa menjadi peluang usaha yang dibuat akan maju di masa depan

Threats (Ancaman)

•    Bertumbuhnya usaha yang sejenis
•    Perkembangan teknologi yang pesat akan memudahkan orang mengakses internet dan memesan kaos distro kepada pihak grosir ataupun distributor langsung.

Dalam analisis SWOT juga akan dibuat rincian modal dan perkiraan pendapatan serta biaya-biaya yang akan keluar ketika melakukan usaha distro.

Modal usaha                            Rp. 50.000.000

Kaos @Rp. 80.000 /terjual per bulan
Pendapatan per  bulan            RP. 10.000.000

Perkiraan biaya

Biaya air, telepon, dan PDAM    Rp. 1.500.000
Gaji dua karyawan            RP. 2.000.000
Pajak                    Rp.     300.000
Sewa tempat usaha/bulan        Rp. 2.000.000
Lain-lain                RP.    500.000
Total biaya/ bulan            Rp. 5.300.000

Laba/rugi usaha

Pendapatan – biaya
Rp. 10.000.000 – 5.300.000
Rp. 4.700.000 / bulan

Pay back period
Modal : Laba Bersih
Rp. 50.000.000 : Rp. 4.700.000
= 10,6 (modal akan kembali dalam jangka waktu sepuluh bulan

Analisis Membuat Buku


Banyak orang yang bermimpi bisa menulis dan menerbitkan buku. Tak hanya sekadar terbit saja, melainkan mendapatkan royalti besar karena buku yang terjual menjadi best seller dan terus laku di pasaran. Lalu apa yang bisa menjadikan sebuah buku bertitle best seller? Bagaimana caranya agar buku yang kita tulis bisa menjadi best seller dan disenangi oleh semua orang. 

Sebaiknya, penulis yang cermat akan selalu melakukan analisis sebelum membuat tulisan atau membuat buku. Ketika akan memilih tema atau topik tulisan, penulis yang baik sudah mengerti keinginan pasar atau bisa jadi si penulis akan membuat trend tersendiri. Ada baiknya sebelum melakukan proses menulis, penulis membuat analisa SWOT.

Anda tertarik ingin membuat buku mengenai kehidupan Nabi Muhammad saw. Namun, bukankah sudah banyak di pasaran tentang buku yang menceritakan kisah kehidupan Nabi Muhammad saw? Dengan menggunakan dan membuat analisis SWOT, Anda akan terbantu dan memudahkan mencari celah untuk membuat buku kisah kehidupan Nabi Muhammad saw semakin menarik.

Berikut  analisis SWOT dalam membuat buku.

Strength (Kekuatan)

•    Banyak orangtua yang masih mencari buku tentang kehidupan Nabi Muhammad saw.
•    Buku tentang sejarah kehidupan Rasulullah selalu menarik untuk dibaca.
•    Memakai ilustrasi bergaya unik dalam pembuatan gambarnya. Misalnya akan memakai jenis ilustrasi ala manga, khas komik-komik Jepang.
•    Akan ada bonus berupa kartu keluarga Nabi, pernak-pernik perjalanan Nabi, dan lainnya.

Weaknessess (Kelemahan)

•    Sudah banyak penerbit yang mengeluarkan buku tentang kisah kehidupan Nabi Muhammad
•    Akan sulit mempromosikan karena banyak penerbit besar yang melakukan promosi besar-besaran
•    Harga buku yang akan mahal karena ilustrasi full setiap halaman dan kertas yang bagus

Opportunities (Peluang)

•    Tingkat pertumbuhan minat baca anak dan orangtua semakin tinggi sehingga menyebabkan buku ini pun akan dibeli
•    Ilustrasi yang berbeda akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli
•    Banyak anak-anak yang menyukai bonus dalam setiap buku yang dibelinya

Threats (Ancaman)

•    Penerbit besar biasanya akan mengekor jika ada konsep buku yang unik dan menarik di pasaran
•    Tingkat daya beli masyarakat yang rendah terhadap buku. Khawatir pemberian harga mahal akan berdampak pada rendahnya pembelian

Demikian analisis SWOT yang bisa Anda buat ketika akan menyusun sebuah buku. Analisa ini bisa dikembangkan dan diperluas sehingga Anda akan mendapat sebuah strategi yang maksimal ketika ingin membuat sebuah buku dan bisa terbit di penerbit mayor.

Manfaat Analisa SWOT

Ketika Anda membuat analisis SWOT akan banyak sekali manfaat yang dirasakan. Misalnya saja untuk kepentingan Anda pribadi ketika memutuskan untuk pindah kerja atau mengubah karier Anda selama ini. Membuat analisis SWOT akan membuat Anda tak grasa grusu dalam memutuskan sebuah keputusan. 

Selain itu, ada manfaat lainnya yaitu Anda bisa membuat strategi ketika melihat banyaknya kelemahan yang ada. Anda bisa menutupi semua kelemahan dengan menciptakan peluang atau membuat kekuatan atau kelebihan yang ada. Maksimalkan semua potensi diri Anda agar semua peluang bisa dicapai. 

Misalnya saja ketika mendapat promosi jabatan dan harus dipindahtugaskan ke luar kota. Anda bisa saja mempunyai peluang bertemu orang baru, kenalan baru, atau bisa saja bagi yang belum memiliki pasangan akan menemukan jodoh di kota lain. Jangan langsung menolak semua tawaran yang datang kepada Anda. Cermati dan buatlah analisis SWOT agar keputusan yang diambil akan semakin tepat.

Dalam kegiatan usaha, analisis SWOT juga berguna. Misalnya saja untuk orang-orang yang bergerak dibidang pemasaran atau marketing. Mereka bisa melihat bagaimana kekuatan atau kelemahan produk yang mereka punyai. 

Lalu mereka akan melihat kompetitor yang sama dan berusaha memperbaiki produk yang mereka buat atau hasilkan. Intinya, analisis SWOT akan berguna dalam hal apa pun untuk mengembangkan strategi mengatasi semua kelemahan dan menciptakan peluang yang ada.  Anda bisa mempelajarinya dengan memperhatikan beberapa contoh analisis SWOT tersebut.

Artikel ini bersumber dari http://www.anneahira.com/contoh-analisis-swot.htm yang menulis ibu Anne Ahira pembimbing saya waktu belajar di asian brain. Ia adalah seorang internet marketer yang sukses.

ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment