Share

Tuesday 23 June 2015

Cara Membuat Iklan Google Adwords – Langkah 3, Buat Iklan Teks Pertama


Cara Membuat Iklan Google Adwords – Langkah 3, Buat Iklan Teks Pertama

Artikel ini memberikan pemahaman dasar dan langkah-langkah untuk membuat iklan google Adwords dalam bentuk yang paling sederhana, yaitu format iklan teks. Plus sebuah tips yang dapat mencegah jebolnya anggaran iklan.

Sebelumnya perlu kamu ketahui, bahwa antarmuka Google Adwords telah mengalami beberapa kali perombakan. Jadi tak perlu heran, bila terkadang ada hal-hal yang sudah tidak pada tempatnya lagi. Misalnya dulu ada menu billing ada di posisi paling atas, sekarang berpindah ke dalam ikon gir di pojok kanan atas.


Bagi pemula dashboard Adwords bisa terlihat membingungkan. Akan tetapi lambat laun kamu akan terbiasa dan dapat bernavigasi dengan leluasa.

Pemahaman dasar


Adwords pada dasarnya memiliki struktur pembuatan iklan sebagai berikut:

struktur-adwords

Keterangan :

  1. Campaign = Kampanye
  2. Ad Groups = Grup Iklan
  3. Ads = Iklan
  4. Keywords = kata kunci

Tujuan dari struktur ini adalah untuk mengelompokkan produk atau jasa kamu ke dalam campaign dan ad groups, serta menghubungkannya dengan kata-kata kunci. Dengan demikian kualitas dan tingkat kesuksesan iklan kamu akan meningkat.

Iklan dengan skor kualitas yang tinggi dapat menekan biaya per klik atau CPC (Cost per Click).

Untuk setiap level struktur, kamu akan memberikan sebuah nama. Pemberian namanya tergantung dari cara pengelompokan kamu. Lebih jelasnya akan diterangkan lebih lanjut di bawah.

Saat kamu membuat iklan, disarankan agar kamu melakukan urutan kerja sebagai berikut:

Pikirkan tentang 1. campaign > 2. Ad Groups > 3. Keywords > 4. Ads

Campaign


Cara pembuatan struktur yang sederhana adalah seperti pengelompokkan barang di departemen store. Sebagai contoh tokol kamu menjual baju dan sepatu. Kalian dapat memberikan nama campaign-nya:

  • Baju
  • Sepatu

Namun demikian untuk kebutuhan lain kamu juga bisa membaginya berdasarkan promosi, seperti:

  • Promosi Hari Kartini
  • Promosi Natal dan Tahun Baru

Ad groups

Misalnya kita gunakan campaign: baju. Untuk Ad groups-nya kamu bisa membaginya berdasarkan kategori baju, misalnya:

Dress
Cardigan
Blouse

Keywords

Setiap ad groups akan memiliki sekelompok keywords. Idealnya kamu memikirkan 20-40 kata atau frase yang kira-kira akan digunakan oleh calon pembeli saat melakukan pencarian di Google.

Misalnya kamu hendak membuat kata kunci untuk ad groups: dress. Orang yang ingin membeli dress mungkin akan menggunakan kata-kata sebagai berikut:

dress murah
jual dress cantik
jual long dress
little black dress
long dress
dress buat pesta
dst…
Fungsi keywords ini adalah agar nanti Google dapat mencocokkannya dengan pencarian orang di mesin pencari Google saat Google hendak menampilkan iklan kamu.

Ada sebuah tips yang sangat penting pada saat penetapan keywords, saya sebut dengan gaya pencocokan (match). Mengetahui dan menerapkan hal ini pada keywords dapat mencegah pemborosan anggaran pemasaran kamu.

Gaya Pencocokan

4 macam gaya pencocokan dengan cara penulisan keywordsnya, yaitu:

Broad match
Cara penulisan: dress murah
Phrase match
Cara penulisan: “dress murah”
Exact match
Cara penulisan: [dress murah]
Broad match modifier
Cara penulisan: +dress +murah
Secara lebih jelas akan saya bahas di bawah ini.

1. Broad Match

Pada gaya ini, apapun yang diketikkan orang di mesin pencari Google, asal di dalam pencariannya terdapat kata-kata yang sama dengan kata kunci yang telah kamu tetapkan, meskipun susunan urutan katanya berbeda atau terpisah, maka iklan kamu akan ditampilkan.

Kita ambil contoh kata kunci: dress murah. Bila ada yang mengetikkan di mesin pencari Google: majalah murah tentang dress India, maka iklan kamu muncul.

Masalah yang sering terjadi dari penggunaan gaya ini, meski jangkauannya luas tapi tingkat relevansinya dalam kaitannya menemukan calon pelanggan yang ingin mengeluarkan uang untuk belanja bisa menjadi kecil. Karena prospek yang mampir di tokol atau situs kamu lebih tidak kualifait.

Meskipun demikian, jika tujuan kamu adalah untuk menciptakan brand awareness, maka cara ini sangat baik untuk digunakan.

Selain itu pada laporan kamu dapat melihat daftar pencarian yang dilakukan oleh orang yang menyebabkan iklan kamu dimunculkan, sehingga dari sana kamu bisa menemukan ide baru untuk kata-kata kunci baru.

2. Phrase Match

Gaya pencocokan ini akan lebih mengecilkan kemungkinan iklan kamu ditampilkan ke orang-orang yang tidak relevan. Karena hanya pencarian yang di dalamnya terdapat kata kunci kamu dengan urutan yang sama persis, barulah iklan kamu ditampilkan.

Sebagai contoh, untuk kata kunci: dress murah, iklan kamu akan muncul bila ada yang mencari di mesin pencari Google:

jual dress murah
dress murah singapore
desainer dress murah
Iklan tidak akan tampil bila susunannya berbeda, misalnya: jual murah dress

Negative Keywords
Sebagai tambahan dari contoh kasus di atas kamu dapat semakin meningkatkan efektifitas iklan kamu dengan menyembunyikan iklan dari pencarian yang tidak relevan, seperti: dress murah singapore. Kemungkinan besar pencarian ini tidak ada kaitannya dengan bisnis kamu. Nah untuk pengoptimalannya kamu dapat menetapkan negative keywords.

Bila kamu tetapkan kata desainer sebagai negative keywords, maka meskipun di dalam pencarian orang mengandung keywords yang telah kamu tetapkan, tetapi karena ada kata desainer di dalamnya, maka iklan kamu tidak akan munculkan.

Ada beberapa cara untuk menentukan negative keywords:

  • Kalian bisa coba-coba di mesin pencari Google misalnya kamu ketikkan: dress murah s.
  • Autocomplete Google dapat memberikan petunjuk kata apa selanjutnya yang tidak relevan dengan iklan kamu.

Cara yang kedua adalah setelah iklan kamu berjalan, kamu bisa melihat laporan daftar pencarian kata yang telah digunakan orang yang menyebabkan iklan kamu dimunculkan. Dari situ akan terlihat kamu dapat menganalisa pencarian apa yang tidak relevan dan kamu bisa menambahkannya di daftar negative keywords kamu untuk ad groups yang bersangkutan.

3. Exact Match

Gaya pencocokan yang satu ini hanya menampilkan iklan kamu, bila orang mencari menggunakan kata-kata yang sama persis dengan kata kunci kamu, tanpa tambahan kata-kata apa pun di belakang, atau di depan.

Sebagai contoh kata kunci: [dress murah], iklan hanya ditampilkan bila orang mengetikkan kata: dress murah, dan tidak akan muncul bila orang mencari menggunakan kata: jual dress murah, dress sangat murah, dress murah online.

4. Broad Match Modifier

Gaya pencocokan ini sama dengan broad match, bedanya bila di dalam pencarian ada yang salah eja, menggunakan singkatan, singular dan plural, kemudian awalan, akhiran, bila ada kaitannya dengan kata kunci kamu, maka iklan kamu akan ditampilkan.

Ads/ Iklan

Format iklan ada 4, yaitu:

text ad: iklan berupa teks
image ad: iklan berupa gambar
rich media ad: iklan yang beranimasi atau interaktif
video ad: iklan berupa video.
Iklan yang paling umum dan mudah dibuat adalah format iklan teks. Contoh:

Adwords dalam format teksUntuk setiap ad group kamu bisa membuat beberapa iklan. Gunanya untuk melihat iklan mana yang bekerja paling baik. Terkadang perbedaan kata-kata dapat membuat iklan bekerja semakin baik atau sebaliknya.

Itulah juga alasannya mengapa ad group dipisah berdasarkan setiap kategori barang. Sehingga di dalam sebuah ad group bisa dibuat beberapa variasi iklan yang berbeda untuk barang yang sama, dan untuk kata-kata kunci yang sama.

Pastikanlah di dalam membuat iklan, kata kunci yang kamu gunakan terdapat di dalam iklan kamu.

Mari mulai membuat iklan

Ok, disini kita akan beranggapan kamu memiliki sebuah tokol fashion yang menjual baju, dan kamu memiliki 2 kategori barang, yaitu: dress dan blouse. Kalian ingin menggunakan adwords untuk pemasaran, dan hendak membuat sebuah iklan teks standar untuk ditampilkan di network search only dengan target calon pembeli adalah mereka yang tinggal Indonesia.

Pembuatan campaign


Tahap 1. Jika kamu baru selesai membuat akun, kamu akan melihat bagian halaman seperti ini. Klik tombol: Create your first campaign.Buat iklan adwords pertama kali

Apablia kamu mulai dari dashboard Adwords kamu bisa klik tombol: CampaignDashboard Adwords

Kemudian pilih di jaringan mana kamu ingin iklan kamu tampil.

Jaringan adwords



Keterangan:

  1. Search Network only: iklan tampil di mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  2. Display Network: di situs-situs yang yang menampilkan Google Adsense, Gmail, Blogger dan Youtube.
  3. Search Network with Display Select: Gabungan dari Search Network dan Display Network.
  4. Shopping: diGoogle Merchant (www.google.com/shopping)
  5. Online video: diYoutube – Tampil saat orang hendak menonton sebuah video, di daftar video sebelah kanan saat sebuah video sedang dijalankan, di posisi atas dalam hasil pencarian video.

Tahap 2. Silahkan isi campaign name-nya, baju.
Lalu pilih Type : Search Network Only
Pilih tombol radio: Standard

Buat campaign adwords

Tahap 3. Pada bagian Networks kamu bisa memilih apakah kamu ingin menampilkan iklan kamu di partner pencarian Google (include search partners) atau tidak.

Siapa saja yang menjadi partner tidak diketahui secara pasti, tapi yang dengan jelas dipublikasikan adalah AOL.

Buat campaign Adwords
Tahap 4. Pada bagian Locations kamu dapat menargetkan iklan kamu agar muncul berdasarkan lokasi geografis. Dengan demikian iklan kamu tampil di depan orang-orang yang berada di lokasi tertentu saja.

Hal ini berguna jika usaha kamu hanya melayani dalam batasan wilayah tertentu. Bahkan pencarian bisa dibuat lebih spesifik lagi, misalnya pelayanan hanya dalam suatu radius tertentu saja.

Untuk tutorial kali ini, kita akan memlih Indonesia.Buat campaign adwords
Tahap 5. Pada bagian languages, kamu menentukan kemunculan iklan berdasarkan bahasa.

Google akan menentukannya berdasarkan:

  • preferensi bahasa di akun yang digunakan oleh pengguna
  • permintaan pencarian.
  • halaman yang sedang dilihat saat ini.

Untuk Indonesia sebaiknya menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Karena kedua bahasa ini umumnya digunakan oleh orang Indonesia.

Apabila kamu ingin memilih bahasa lain, silahkan klik tautan: edit.Buat campaign adwords

Tahap 6. Pengaturanbid strategy. Pada bagian ini kamu akan menentukan total anggaran per hari dan berapa nilai default bid (penawaran) maximum yang kamu izinkan untuk ad groups kamu. Default bid menentukan batas maksimum biaya CPC.

Ada dua cara pengaturan bid:

  1. Otomatis, Google yang akan mengatur bid untuk mengoptimalkan iklan kamu, menurut algoritma Google
  2. Manual, kamu yang menentukan dan mengatur sendiri jumlahnya.

Sekedar sekilas info biaya iklan Google Adwords per klik ditentukan berdasarkan semacam lelang. Mereka yang memasukkan batas bid yang lebih tinggi, memiliki kesempatan iklan mereka lebih sering tampil dan berada di posisi strategis. Akan tetapi tentu kamu ingin memperhitungkan keuntungan yang kamu peroleh dengan pengeluaran biaya marketing.

Buat campaign adwords

Tahap 7. Ad extensions merupakan fitur tambahan pada iklan kamu, bebas biaya, bertujuan untuk memberikan tambahan informasi yang berguna untuk calon pelanggan, seperti alamat dan nomor telpon.

Salah satu kegunaannya, misalnya jika kamu mencantumkan alamat, kebetulan ada calon prospek yang melihat iklan kamu dan berpendapat, bahwa lokasi bisnis kamu ternyat dekat dengan mereka, mungkin itu bisa membuat mereka memilih kamu daripada kompetitor.

Ini adalah opsional apakah kamu ingin menggunakannya atau tidak.

Jika sudah selesai, silahkan klik tombol: save and continue.

Buat campaign adwords

Ad Groups


Halaman selanjutnya adalah pembuatan ad group. Pada halaman ini selain memberikan nama untuk ad group, kamu juga akan mengisi keywords, dan mulai membuat iklannya.

Isi ad group name: Dress.

Buat ad groups

Keywords


Silahkan tentukan keywords kamu. Sesuai dengan petunjuk yang sudah saya terangkan di pemahaman dasar di atas. Contoh-nya bisa sepeti di bawah ini.

buat keywords

Ads


Disinilah pembuatan iklan yang nantinya akan dilihat orang.

Sebuah iklan terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  1. Headline, bagian yang digunakan untuk menarik perhatian orang.
  2. Description line 1&2, bagian untuk membangkitkan rasa ketertarikan orang.
  3. Display URL hanya untuk memberikan keterangan kepada pengguna, kemana mereka akan dibawa jika mengklik iklannya.
  4. Destination URL adalah url yang sesungguhnya.

Pada sisi kanan, kamu bisa melihat pratinjau iklannya. Bisa kamu lihat disana ada dua macam:

Side Ad adalah pratinjau bila iklan tampil di sisi samping dari mesin pencari.
Top ad adalah pratinjau yang terlihat memanjang bila iklan tampil di sisi atas dari mesin pencari.
Buat ads

Jika sudah, klik tombol: Save ad group.

Nah, sekarang kamu tinggal menunggu iklan kamu ditinjau pada hari kerja.

Perhatikan tidak semua produk atau jasa bisa diiklankan di Google Adwords, oleh karena itu perhatikanlah kebijakan dari Google Adwords.

Sumber : http://dapur-uang.com/id/cara-membuat-iklan-google-adwords-langkah-3-buat-iklan-teks-pertama/

ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment