Share

Saturday 12 July 2014

CARA BUAT BLOG GRATIS di Blogger


    Hai teman teman, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara buat blog. Dalam hal ini blog dari blogspot. Untuk bisa menjadi seorang blogger anda harus bisa membuat blog di blogspot. Walaupun ada juga blog dari wordpress, tetapi kali ini saya akan membahas dari blogspot saja. Pengguna blog saat ini memang begitu banyak. Namun terkadang masih ada yang susunan ataupun template dari blog tersebut kurang friendly. Oleh karena itu saya akan mencoba menjelaskan cara buat blog dari blogspot.


  Langkah pertama untuk membuat blog ini, anda harus mempunyai email dari google atau dengan kata lain mempunyai akun gmail. Untuk pembuatan akun gmail anda bisa baca artikel CARA MEMBUAT EMAIL GOOGLE ATAU GMAIL.

  Setelah anda telah mempunyai akun gmail, lalu anda bisa ikuti langkah langkah atau cara cara  berikut ini:

                         MEMBUAT BLOG GRATIS

Untuk membuat akun blog ini sangat mudah dan gratis lagi. Tentunya anda tidak usah merasa keberatan untuk membuatnya. Baiklah mari ikuti langkahnya:

1. Bukalah situs blogger yaitu dengan mengetik www.blogger.com lalu silahkan anda masukan username dan password dari akun gmail anda. Nah disinilah enaknya akun google. Cukup membuat satu akun, bisa untuk banyak akun seperti youtube, playstore, google drive dll.

2. Setelah anda log in atau sign in, maka anda akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang disebut dashboard blogger. Silahkan anda lihat tampilannya.

CARA BUAT BLOG
Dashboard blogger
Nah silahkan anda klik Blog Baru. Dengan mengklik tombol itu, anda telah memulai blog anda.

3. Setelah anda mengklik "Blog Baru" tadi maka akan muncul formulir sebagai berikut: 
Keterangan gambar :

CARA BUAT BLOG
form blog baru
1.  Pilihlah judul blog. Untuk judul usahakan yang mencakup jenis blog anda. Misalnya anda ingin membuat   blog tentang komputer, sebaiknya judulnya teknik komputer. Yang penting menjelaskan tentang komputer.

2. Untuk alamatnya, usahakan yang memuat judulnya. contoh judulnya "teknik komputer" kalau bisa alamatnya "teknikkomputer.blogspot.com"

3. Bila alamat blog tersedia, maka anda bisa langsung ke tahap nmr 4. Tetapi kalau blog tidak tersedia, silahkan ganti dengan alamat yang lain, bisa dengan "teknik-komputer.blogspot.com" atau teknikkomputer1.blogspot.com" dll.

4. Nah pada tahap ini, anda silahkan tentukan template dari blog yang anda buat. Silahkan Pilih yang mana saja.

5.  Klik tombol Buat Blog dan selesai.

Nah sekarang blognya sudah jadi. Namun tampilan blognya masih kosong dan standar. Anda harus mengatur beberapa setingan supaya blog baru terlihat SEO friendly.

                    CARA MEMPERCANTIK BLOG

Setelah melakukan langkah di atas, sekarang blog anda sudah jadi. Anda perlu mempercantik blog anda biar kelihatan menarik di mata pengunjung nantinya. Untuk mengatur blog, pertama atur dulu templatenya. Silahkan kunjungi kumpulan template yang menarik di http://btemplates.com/, lalu pilihlah yang menurut anda menarik dan terlihat bagus. Berikut sebagian tampilan templatenya.
CARA BUAT BLOG
contoh template
 Apabila tertarik dengan templatenya silahkan klik "Download" lalu anda akan dibawa ke halaman detail dari template yang anda pilih lalu klik "Download" lagi pada template tersebut. Lihat gambar di bawah ini.
CARA BUAT BLOG
contoh template
Setelah anda download, cari file tadi. Biasanya masih dalam bentuk file zip. Silahkan ekstrak dulu filenya dengan cara klik kanan lalu pilih extract here. Setelah diekstrak lalu pilih folder yang di dalamnya terdapat file berformat .xml. Lihat gambar berikut:

CARA BUAT BLOG
hasil file zip yang di extraxt
 Nah, sekarang anda bisa mengganti template blog anda dengan cara menerapkan template ini ke blog. Adapun cara menerapkan templatenya: Masuk ke menu TEMPLATE pada blog anda lalu cari tombol CADANGKAN DAN PULIHKAN. Lihat gambar berikut.

CARA BUAT BLOG
cadangkan dan pulihkan
Lalu akan muncul kotak seperti berikut:

CARA BUAT BLOG
unduh xml
  Klik browse lalu pilih file xml yang tadi kita pilih di dalam folder yang sudah di ekstrak. Tunggu sampai proses pengunduhan selesai dan tampilan blog anda akan terlihat seperti template yang anda unduh. Nah sampai disini anda sudah melakukan cara mempercantik blog dengan mengganti templatenya.

                    MEMBUAT BLOG SEO FRIENDLY

Setelah kita mengatur template dari blog, langkah selanjutnya yaitu membuat blog kita seo friendly. Apa itu seo friendly, itu adalah usaha agar blog kita terlihat baik dan muncul di halaman pertama google dengan kata kunci tertentu. Dalam SEO itu ada dua tahapan yaitu Pengoptimalan secara ON PAGE dan Pengoptimalan secara OFF PAGE. ON PAGE adalah pengaturan atau pengoptimalan di dalam blog atau situs kita. Sedangkan OFF PAGE adalah pengoptimalan di luar blog kita. Kali ini kita bahas dulu ON PAGE ya.

1. Buat Title Page

Untuk mengecek blog kita SEO friendly apa belum silahkan buka home page blog kita. Apabila sudah terlihat judul blog kita, maka blog sudah termasuk seo friendly jadi tidak usah mengaturnya lagi. lihat gambar berikut:
CARA BUAT BLOG
home page

Apabila blog anda belum muncul seperti gambar di atas, silahkan ganti kode <title>.... </title> yang berada di menu TEMPLATE > EDIT HTML supaya terlihat seperti berikut :
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/></title>
    </b:if>
Apabila sudah selesai, klik SIMPAN TEMPLATE.

2. Meta Description SEO friendly

   Lakukanlah langkah langkat berikut ini.

a. Buka menu SETELAN lalu pilih PREFERENSI PENELUSURAN dan perhatikan bagian paling atas halaman
b. Klik EDIT pada TAG META Deskripsi
c. Pilih Ya
d. Isikan kurang lebih 150 karakter yang mengandung kata kunci atau menggambarkan blog anda.
e. Lalu klik SIMPAN PERUBAHAN dan selesai anda mengatur Meta deskripsi untuk blog anda.

3. Perhatikan penggunan h1, h2 dan h3. Ini hanya untuk penggunaan saat menulis artikelnya


  Nah semua langkah langkah di atas sudah selesai, dan sekarang saatnya kita membuat artikel ke dalam blog kita. Oke langsung saja perhatikan gambar berikut ini. Ini adalah bagian bagian dari kotak artikel di blogger.

CARA BUAT BLOG


  1. JUDUL ini adalah bagian dimana anda menuliskan judul untuk artikel blog anda. Pastikan dalam penulisan judul harus melakukan riset kata kunci. Silahkan baca artikel CARA RISET KATA KUNCI.
  2. PUBLIKASIKAN ini berguna untuk mempublikasikan artikel yang telah anda buat. Apbila anda sudah selesai menulis artikel maka klik tombol tersebut.
  3. SIMPAN , tombol ini berfungsi untuk menyimpan artikel anda bila anda belum selesai menulis dan ingin melanjutkannya lain waktu. Jadi tersimpan dalam draft.
  4. PRATINJAU  berfungsi untuk melihat preview dari hasil tulisan blog anda.
  5. TUTUP  untuk menutup halaman.
  6. COMPOSE yaitu tampilan RICH TEXT pada pengetikan sebuah artikel yang kita tulis.
  7. HTML yaitu tampilan artikel kita menggunakan kode kode html.
  8. UNDO dan REDO ini berfungsi untuk mengembalikan dan memajukan tulisan yang kita tulis. Apabila undo maka kita akan kemabali pada tulisan sebelumnya dan redo untuk memajukan tulisan yang kita tulis. 
  9. FONT FAMILY berfungsi mengganti jenis tulisan dalam artikel.
  10. FONT SIZE untuk mengatur besar kecilnya huruf.
  11. FORMAT berfungsi untuk mengatur text dalam artikel, baik itu sub judul maupun tulisan normal. Contohnya heading , sub heading, minor dan normal.
  12. BOLD adalah untuk membuat tulisan menjadi tebal.
  13. ITALIC adalah untuk membuat tulisan menjadi miring.
  14. UNDERLINED adalah  untuk membuat tulisan bergaris bawah.
  15. STRIKETHROUGH adalah untuk memberi coretan pada tulisan.
  16. FONT COLOR berfungsi mengatur warna teks.
  17. FONT HIGHLIGHTS untuk menyorot teks yang dianggap penting.
  18. LINK berfungsi untuk memasukan link.
  19. MASUKKAN GAMBAR untuk memasang gambar pada artikel.
  20. MASUKKAN VIDEO untuk memasukan video ke dalam artikel.
  21. JUMPBREAK berfungsi untuk memotong artikel supaya pada saat tampil di beranda muncul sebagian tulisan dan akan muncul baca selengkapnya.
  22. RATA TEKS untuk mengatur teks agar rata kanan, rata kiri, atau rata kanan dan kiri.
  23. ORDERED LIST berfungsi memberikan penomoran pada artikel.
  24. UNORDERED LIST untuk penandaan dalam artikel.
  25. QUOTE untuk mengutip frasa dalam tulisan.
  26. REMOVE FORMATTING untuk menghapus pengformatan atau editan dalam artikel.
  27. CHECK SPELLING, berfungsi untuk ejaan bahasa inggris.
  28. LEBEL berfungsi memberikan lebel pada postingan.
  29. JADWAL untuk mengatur jadwal terbit postingan yang kita buat.
  30. TAUTAN PERMANEN untuk membuat url pada postingan kita.
  31. LOKASI berfungsi untuk mengetahui lokasi dimana kita menulis artikel ini.
  32. DESKRIPSI PENELUSURAN berfungsi memberikan deskripsi tentang artikel yang kita tulis.
  33. PILIHAN adalah opsi html. abaikan juga tidak apa apa.
  Nah sudah selesai semua dasar dasarnya, setelah ini silahkan anda membuat artikel yang anda kuasai. Gunakan bahasa yang benar. Jangan menyingkat kata dalam artikel. Jangan meng copy paste artikel orang lain, karena tidak baik di mata search engine dan yang lebih parah lagi bisa di laporkan ke pihak google. Sebisa mungkin untuk membuat artikel sendiri. Bacalah blog orang lain untuk referensi. Cukup sekian saja tentang bagaiama CARA BUAT BLOG, semoga bermanfaat ya...

Apabila ada pertanyaan silahkan jangan sungkan untuk berkomentar. Baca juga artikel Cara Buat Twitter.

ARTIKEL TERKAIT:

2 comments: