Share

Monday 22 June 2015

Cara Membuat iklan di google Adword

Cara Membuat iklan di google Adword


Saat Anda memulai bisnis online maupun offline, suka atau tidak suka Anda harus belajar yang namanya marketing. Sebab tanpanya, niscaya lapak usaha Anda akan sepi bak kuburan. 

Semua yang memulai usaha sendiri pasti akan mengalami sebuah tantangan untuk mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu di tutorial ini saya akan mengajarkan salah satu cara alternatif pemasaran yang tersedia di internet saat ini, yaitu
menggunakan Google Adwords.

Tutorial ini saya rancang berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya akan terus saya mengembangkannya dan Anda dapat bernavigasi dari satu tutorial ke tutorial lain dengan menggunakan Artikel Berkaitan yang terletak di sidebar.

Sebelum Anda membuat iklan pertama, ada beberapa pemahaman dasar yang perlu Anda ketahui.

Pertama, ada tiga tujuan utama orang melakukan pemasaran, yaitu:


  • Brand awareness: membuat orang sadar, bahwa Anda itu ada
  • Buying customer: mendatangkan prospek yang nantinya diharapkan berubah menjadi pelanggan.
  • Edukasi: membuat orang mengenal sebuah produk dan mengerti kenapa mereka perlu membelinya.

Pada dasarnya pemasaran adalah sebuah cara untuk membeli pelanggan. Istilah kerennya adalah akuisisi pelanggan / customer acquisition. Setelah Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk pemasaran, Anda berharap ada yang menaggapi usaha marketing Anda dan mau bertransaksi atau berbisnis dengan Anda.

Tentu setiap pengusaha menginginkan dari upaya pemasarannya, setiap sen uang yang telah dikeluarkan akan kembali lagi dan menghasilkan profit. Atau kata para marketer, ada ROI-nya (Return of Investment).

Bagaimana cara melakukan pemasaran? Salah satunya adalah dengan memasang iklan di internet.

Bagaimana cara beriklan di internet?


Google Adwords bisa menjadi sebuah alternatif. Google Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google. Perusahaan ini telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian Anda bisa melakukannya langsung dari depan layar komputer.

Apabila Anda memiliki modal yang agak besar, Anda bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan Adwords Anda.

Dimanakah iklan akan tayang?


Iklan yang Anda buat nantinya bisa tampil di:


  • Situs-situs pencari Google, misalnya mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.

Cara Membuat iklan di google Adword


  • Situs pencari lain yang merupakan bagian dari jaringan pencari yang berpartner dengan Google misalnya AOL.
  • Pencari di perangkat mobile.
  • Di Google Display Network, yaitu situs-situs yang dijelajahi oleh calon pembeli (misalnya, blog dapur-uang.com) dan juga situs Google, seperti Gmail, Blogger dan Youtube.

Kelebihan Google Adwords

Iklan yang kita pasang tertarget. Artinya iklan Anda akan ditampilkan ke orang-orang yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan isi iklan yang ditayangkan. Sebab setiap iklan memiliki kata-kata kunci atau keywords tertentu. Dan kata kunci inilah yang akan disesuaikan dengan pencarian orang-orang yang sedang menjelajahi dunia maya.

Secara lebih spesifik, Anda juga bisa menarget berdasarkan lokasi, misalnya Anda hanya orang yang di jakarta saja yang bisa melihat iklan Anda. Tujuannya agar anggaran iklan Anda tidak sia-sia terbuang kepada orang yang tidak ada kaitannya dengan profil pelanggan Anda.

Kelebihan lainnya, yaitu bahkan dengan uang Rp.100.000 (minimal untuk saat ini) Anda sudah bisa beriklan. Walaupun dengan dana segitu apakah sudah cukup untuk mengorbitkan usaha Anda tentu itu lain cerita.

Biaya Iklan Adwords

Pada dasarnya para pemasang iklan Adwords akan saling berkompetisi untuk kata kunci yang paling sering digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/ bidding (secara otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana.

Tentu orang ingin iklannya lebih sering muncul dan berada di posisi paling strategis, yaitu di paling atas. Nah, pemasang iklan yang berani membayar lebih tinggi untuk suatu kata kunci tertentulah akan mendapatkan keuntungan tersebut.

Ada 3 macam strategi lelang, tergantung dari fokus pemasaran Anda, yaitu:

1. Jika fokusnya adalah mendapatkan traffic ke situs/ tokol Anda, maka Anda memilih strategi bidding berdasarkan klik pada iklan Anda, atau dikenal dengan CPC bid. CPC singkatan dari Cost Per Click.

Biaya yang akan dikenakan adalah berdasarkan jumlah klik pada iklan Anda dikalikan dengan biaya CPC atau biaya per klik yang telah Anda tentukan maksimalnya. Biaya CPC-nya bisa saja lebih murah dari maksimal bid yang telah ditentukan tergantung dari berbagai faktor.

2. Jika fokus Anda adalah awareness atau sekedar memberitahu bahwa Anda itu ada loh. Maka strategi bidding-nya adalah berdasarkan Cost Per Mile atau dikenal dengan isitlah CPM bid. Per Mile artinya per seribu,jadi setiap 1000 kali tayang, maka Anda dikenakan biaya. Di dalam strategi bidding ini, tidak peduli dengan berapa jumlah klik yang Anda peroleh. Jadi kalau dalam 1000x tayang bisa mendapatkan 100 klik atau 200 klik biayanya tidak beda.

3. Jika fokus Anda adalah konversi, maka strategi biddingnya adalah Cost Per Acquisition atau CPA bid. Disini Anda tetap membayar berdasarkan setiap klik pada iklan Anda. Bedanya Google akan membantu mengoptimalkan setiap klik sehingga memenuhi target konversi Anda.

Konversi yang dimaksud disini bisa berarti, pembelian sebuah produk, jumlah orang yang berlangganan dengan memberikan email mereka, dll.

Pembayaran

Cara pembayarannya sebenarnya cukup mudah. Anda harus mendeposit sejumlah uang terlebih dahulu dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini memang agak menyulitkan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit.

Daftar tutorial:


  1. Pendahuluan
  2. Langkah 1, Buat Akun
  3. Langkah 2, Konfigurasi Pembayaran
  4. Langkah 3, Buat Iklan Teks Pertama

Jika tutorial ini berguna, bagikanlah ke yang lain, klik tombol bagikan di bawah ini.
Bila ada pertanyaan, silahkan komen di bawah selama saya memiliki pengetahuannya, saya akan coba jawab.

ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment