Share

Thursday 17 December 2015

6 Cara Memaksimalkan Facebook Untuk bisnis



Cara Memaksimalkan Facebook Untuk bisnis – Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan media sosial untuk bisnis bisa menjadi senjata yang sangat ampuh untuk mendongkrak bisnis Anda. Untuk saat ini, di Indonesia media sosial yang paling sering digunakan adalah facebook. Memanfaatkan facebook untuk bisnis merupakan cara yang sederhana,  efisiensi dan efektifitas. Berjualan di facebook saat ini menjadi pilihan yang sangat baik karena bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas waktu dan tempat. Banyak pelaku bisnis online yang memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh facebook. yang paling sering dimanfaatkan untuk keperluan bisnis online sudah pasti Facebook ads. Facebook ads adalah
salah satu sarana yang sering digunakan untuk mempromosikan produk melalui facebook. dan tentu saja hal ini berbayar. Namun bagi Anda yang masih termasuk pelaku bisnis pemula dengan budget yang belum mencukupi untuk menggunakan facebook ads, Anda dapat menggunakan cara-cara dibawah ini untuk memaksimalkan bisnis anda tanpa harus mengeluarkan biaya alias free.

1. Manfaatkan fanpage


Fanpage sangat bermanfaat untuk bisnis/jualan, karena Liker dihalaman tidak dibatasi. berbeda halnya dengan facebook personal yang hanya bisa menampung maksimal 5000 orang. sangat berbeda dengan fanpage, Likers pada fanpage tidak dibatasi sehingga bisa menampung calon pelanggan sebanyak-banyaknya.

2. Berbagi konten yang menarik dan berkualitas


Untuk memaksimalkan Facebook kita, buatlah rencana konten yang berisi tentang status update yang bermanfaat. Selain berjualan, Anda bisa mengisi konten, seperti berisi tips, kutipan, gambar yang menarik, serta berbagai artikel bermanfaat. hindari mempromosikan produk atau merek Anda secara langsung dan terus menerus, karena orang pasti akan bosan melihat halaman Facebook Anda.

3. Tentukan waktu kapan dan bagaimana posting yang tepat


Agar postingan sesuai rencana, Anda bisa memanfaatkan fitur update status terjadwal untuk memudahkan update status saat sibuk. Fitur ini adalah fitur penjadwal otomatis yang disediakan facebook dan berfungsi memudahkan proses update status. Mulailah dengan memposting satu konten per hari dan lakukan secara konsisten karena ini bisa meningkatkan basis komunitas Anda secara bertahap. Fans akan semakin percaya dan respect dengan kita jika kita posting secara rutin dan teratur. Jangan sampai lupa untuk menjadwalkan postingan pada saat anda sedang sibuk

4. Interaksi dengan Fans


Buatlah percakapan, seperti menjawab pertanyaan. Percakapan seperti ini, sangat penting untuk membangun relasi dengan calon konsumen. Setelah mendapatkan fans di Facebook, kita harus mempertahankan dan mengembangkan tingkat perhatian mereka. Kenali audiens, dan pastikan Anda tahu kepada siapa Anda berbicara. Pantau gender, lokasi, dan usia audiens untuk memaksimalkan efek dari setiap postingan yang kita buat. Facebook memungkinkan kita untuk menargetkan posting dengan faktor-faktor di atas. kita wajib bersyukur karena facebook telah memfasilitasi dan memungkinkan kita untuk menargetkan postingan dengan faktor-faktor di atas.

5. Konsisten


Hal penting dalam strategi berjualan melalui facebook adalah konsistensi untuk update status. Anda bisa melakukan update status setiap hari. Namun jangan hanya sekedar melakukan posting di facebook page, buatlah postingan semenarik mungkin sehingga akan meningkatkan interaksi di postingan facebook page anda. Gunakan gambar/ tag lucu sehingga akan memancing fans anda untuk like, komen, share.

6. Lakukan pengujian


Jangan lupa lakukan pengukuran secara rutin dari fanspage Anda. Anda bisa menemukan letaknya di bagian kanan atas (view insight). Di sana Anda bisa mengukur jumlah pertumbuhan fans, reach (jangkauan), demografi, viral, dan efektivitas status. Uji format postingan yang berbeda, jenis konten, panjang deskripsi, jumlah hashtags, jumlah link, dan lainnya, ini untuk mengetahui jenis postingan seperti apa yang paling baik untuk komunitas Anda. Beberapa pendekatan pengukuran yang perlu dilakukan adalah pengukuran jumlah pertumbuhan fans, jumlah jangkauan (reach), viral, efektivitas status, serta persebaran demografi misalnya gender (pria/wanita, usia, dan lokasi). Dengan melihat insight kita dapat memaksimalkan konten/ postingan kita sehingga kita akan mendapatkan efektifitas dan efisiensi yang paling sempurna. dengan melakukan 6 tips diatas secara maksimal maka Facebook akan menjadi sumber daya berharga bagi bisnis Anda.

ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment