Share

Sunday 14 September 2014

Belajar Membangun Toko Online Sendiri Secara Gratis



Belajar Membangun Toko Online Sendiri Secara Gratis

Belajar Membangun Toko Online Sendiri Secara Gratis ini adalah topik yang akan kita bahas kali ini. Toko online adalah sebuah toko atau tempat menjual barang dagangan secara online. Semakin maraknya pengguna internet saat ini, maka kemudahan untuk membeli dan menjual barang secara online pun semakin digemari. Kemudahan yang diberikan oleh layanan toko online tersebut yang membuat kita tidak harus mengunjungi toko nyatanya. Barang yang di jual secara online bisa berupa pakaian, barang barang elektronik, makanan dan lain sebagainya.

Nah bila anda mempunyai produk, namun belum mempunyai toko atau sudah mempunyai produk dan ingin lebih memperbesar penjualan, maka membangun toko online mungkin bisa menjadi salah satu alternatifnya. Dengan toko online ini, maka barang atau produk anda akan dijangkau lebih luas oleh masyarakat. Sehingga bila kita tidak mempunyai toko, kita bisa membuat toko online saja. Baiklah langsung saja kita belajar membuat toko secara online.

Langkah Pembuatan Toko Online Menggunakan Wordpress

 

1. Persiapan / Preparation

Sebelum kita membuat toko online, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar barang yang kita jual di toko online tersebut menarik pembeli. Adapun persiapan yang diperlukan untuk membuat toko online adalah sebagai berikut:
  • Menyiapkan Wordpress
Sebelum kita melangkah lebih jauh, yang perlu dipersiakan untuk membuat toko online adalah mempunyai wordpress yang terinstal di komputer atau mempunyai hosting pada server tertentu. Buatlah akun dahulu di wordpress kemudian install dan buat blog. Kalau sudah semuanya, silahkan log in ke akun wordpress anda.
  • Pasang Plug in E-commerce
Nah kita kan akan membuat toko online, maka yang diperlukan untuk membuat blog kita mnjadi toko online yaitu sebuah plug in yang ber nama plug in e-commerce. Plug in inilah yang kita gunakan untuk mengatur tata letak dari toko online kita. Banyak jenis dari plug in ini, tetapi kali ini kita gunakan plug in WP e-commerce.
  • Siapkan Template e-commerce untuk Toko Online Kita
langkah persiapan selanjutnya yaitu cari template toko online. Silahkan cari template toko online yang gratis di google.
  • Siapkan Gambar atau Foto Barang yang Akan di Jual
Sebelum membuat toko online, siapkanlah dahulu foto dari barang yang akan anda pasang di toko online tersebut. Fotolah barang barang anda sendiri sesuai kenyataan atau kondisi dari barang tersebut, sehiangga pelanggan tidak akan kecewa dengan barang aslinya. Karena apabila pelanggan kecewa, maka akan berdampak negatif pada toko online kita.

2. Pembuatan Toko Online

Nah setelah semua preparation sudah kita siapkan maka langkah selanjutnya pembuatan toko online tersebut. Berikut inilah langkah langkahnya.
  • Log In atau masuk ke Akun Wordpress
Masuklah ke akun wordpress anda untuk mengakses layanan dari wordpress. Hati hati jangan sampai pasword dan usernamenya orang lain tahu. 
  • Pasang Plug in WP e-commerce
Untuk memasang WP e-commerce caranya yaitu, klik menu plug in lalu pilih add new kemudian pilih upload lalu browse. Pilih file plu in WP e-commerce yang sudah didownload tadi kemudian klik install now. Atau bisa dengan cara ketikan wp e-commerce pada kolom search lalu tekan enter. Nah kemudian akan muncul berbagai pilihan plug in, pilihlah yang WP e-commerce lalu kita download. 
  • Pengaktifan Plug in WP e-commerce
Untuk mengaktifkan plug in ini,caranya adalah pada menu " plug in " klik plug in dan akan terlihat plug in WP shopping chart kemudian kita klik " activate "
  • Pengaktifan Template E-commerce
Untuk pengaktifannya yaitu dengan cara masuk pada menu " appearance " lalu klik " themes " lalu aktifkan template yang telah didownload tadi. Nah jadi deh toko online kita. 
Kemudian langkah selanjutnya kita isi foto dan deskripsi untuk masing masing produk atau barang yang akan kita jual. Caranya yaitu pilih menu "store" kemudian kita klik "products". Nah silahkan masukan foto atau gambar yang sudah disiapkan tadi, terus masukan deskripsi dan harga tersebut serta tulisan lainnya yang berhubungan dengan toko online anda.

Demikianlah cara belajar membangun toko online sendiri secara gratis, semoga artikel ini bermanfaat ya. Bila ada kesalahan saya mohon maaf.

ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment