Share

Monday 18 May 2015

5 Cara Menjadi Pedagang Sukses

5 Cara Menjadi Pedagang Sukses

Usaha bisnis berdagang merupakan kegiatan menjual sesuatu barang atau jasa kepada orang lain. Yang mana, kegiatan ini dilakukan untuk meraih keuntungan bagi pedagang maupun pembeli. Siapapun dapat menjadi pedagang, asalkan memahami konsep dasar usaha dagang. Yakni menjual barang dengan harga lebih besar dari harga beli. Baik beli dari orang lain, agen maupun suplayer.


Namun untuk menjadi sukses dalam berdagang ada beberapa trik atau tips agar bisnis anda bisa sukses.

Berikut ini ada tips cara menjadi pedagang sukses:



1. Berani Memulai


Kebanyakan dari kita mempunyai segudang ide dan gagasan, namun hanya sedikit dari kita yang tidak berani mengimplementasikan ide gagasannya itu lantaran beberapa faktor sehingga ide dan gagasan itu akan terlupakan begitu saja. Ingat pepatah “Saat Kesiapan Bertemu Kesempatan, Maka Disitulah Akan Ada Kata Kesuksesan”. Jika Anda sudah memiliki ide dan kesiapan segeralah memulai usaha itu walau hanya memiliki hasil yang kecil.

2. Kejujuran


Modal yang dimaksud di sini bukanlah uang ataupun dana dalam memulai berusaha. Modal yang dimaksud adalah kejujuran. Bagaimana sikap kita dalam berdagang. Apakah kita menjual barang dengan harga seenaknya sendiri ? Apakah kita curang dalam berdagang ? Kejujuran di sini menjadi titik penting karena berpengaruh terhadap kepercayaan para konsumen kita. Seperti orang tua saya yang bekerja sebagai penjahit. Di setiap baju yang dia jahit selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan memberikan harga yang sebenarnya baik harga kain, harga pernak-pernik pakaian dsb. Akhirnya banyak para pelanggan yang puas dan terus kembali menjahitkan baju-bajunya.

3. Membangun Networking


Dengan kejujuran menghasilan kepercayaan. Dengan kepercayaan menambah pelanggan. Bila Anda sebagai pedagang mampu mempertahankan kepercayaan pelanggan Anda maka kita telah dinilai memiliki kredibilitas yang baik dan tanpa Anda sadari pelanggan setia Anda ikut menambah luas jaringan daganan Anda. Mereka akan bercerita ke temannya bahwa Anda memiliki barang dagangan dengan harga dan kualitas bagus.

4. ATM (Amati Tiru Modifikasi)


Di era globalisasi ini berdagang gitu-gitu aja maka tidak akan berhasil. Kita memerlukan pemikiran cerdik. Kita dapat mengikuti cara yang telah dilakukan oleh orang yang terlebih dahulu berhasil dibanding dengan kita. Apa yang mereka jual ? Bagaimana mereka memasarkan produknya ? Bagaimana mereka menghadapi kesulitan saat usahanya sepi ? Namun mengikuti apa yang mereka lakukan dengann sama persis pun masih kurang tepat dan kurang bagus. Kita memerlukan inovasi lebih. Lebih berbeda, unik & bagus. Bila di warung sana Rp 500 kita dapat nasi pecel, maka di warung kita Rp 500 akan dapat nasi pecel plus tempe. Itulah yang disebut ATM.

5. Kerja Keras


Hal terakhir yang dibutuhkan adalah semangat juang. Sebagai generasi penerus bangsa sudah selayaknya kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi. Malu donk dengan para pahlawan kita dahulu yang berjuang mati-matian dalam membela kemerdekan bumi pertiwi. Tak ada pedagang sukses yang tak mengalami jatuh bangun usahanya. Mereka pasti pernah tetap berjualan walaupun merugi hanya untuk tetap mempertahankan konsumennya. Pepatah mengatakan “Bersakit-sakit dahulu baru bersenang-senang kemudian”. Jadi ketika usaha dagang kita sedang terkena badai ingatlah bahwa setelah itu akan terbit mentari yang cerah. Jadi jangan patah semangat ya.

Oke, semoga informasi ini bermanfaat untuk bisnis anda. Komentar dan saranmu saya tunggu ya.

Sumber : http://www.andriezone.com/5-cara-menjadi-pedagang-sukses/


ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment