Share

Tuesday 8 July 2014

PENGERTIAN SEO

 
      Apa itu SEO ( Search Engine Optimization)? 
SEO adalah cara untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan situs, website, ataupun blog kita supaya memiliki ranking yang tinggi di mata search  engine untuk kata kunci atau keyword tertentu yang menjadi pilihan dari kita. Pada intinya agar website kita masuk di halaman utama ataupun juga ranking 1 dari kata kunci yang dipilih di search engine. Bagaimana caranya sebuah situs bisa memiliki ranking yang tinggi di search engine? google tidak memberitahukan rahasianya.

                                    Pengertian SEO

PENGERTIAN SEO
SEO
Google hanya memberikan petunjuk, bahwa kalau situs kita ingin memiliki ranking di search engine, maka situs kita harus bermanfaat bagi pengguna internet. Contohnya seperti Wikipedia. Konten atau isi dari situs kita harus menarik, unik dan tidak menduplikat dari tulisan atau karya orang lain. Boleh menduplikat asal jangan mengcopy mentah mentah tulisan orang lain. Bagaimana caranya, ya dengan membolak balikan katanya yang penting intinya sama, boleh juga ditambahin sendiri. Jika ingin menduplikat, jangan mengambil artikel dari satu situs. Ambil dari berbagai situs yang masih berhubungan topiknya dengan website atau blog kita. Kalau kita menduplikat mentah mentah maka google akan mendeteksi bahwa situs kita kurang baik, karena mengandung duplikat konten. Oleh karena itu disarankan membuat konten sendiri yang belum ada di website lain. Nah apabila isi dari website kita itu Unik, menarik dan bermanfaat bagi pengguna internet, maka dengan sendirinya situs kita akan direkomendasikan oleh banyak situs lain atau banyak situs orang lain yang nge link ke situs kita yang biasa  disebut dengan backlink. Itulah

   Untuk bisa memiliki ranking yang tinggi, sebuah website memerlukan waktu mulai dari 1 hari, 1 bulan, bahkan 1 tahun untuk bisa tampil di halaman pertama search engine. Ini tergantung dari kata kunci yang kita pilih dan jumlah saingannya. Namun untuk SEO ini biasanya memerlukan waktu sebelum kita melihat hasilnya. Bisa jadi pengunjung (traffic) mulai mengunjungi website kita setelah website atau blog kita berumur 1 bulan atau 6 bulan bahkan 1 tahun dengan asumsi kata kunci yang pencariaanya banyak dan saingannya cukup. Di dalam SEO itu ada sebuah rumus yaitu:
 KATA KUNCI YANG TEPAT + KONTEN YANG BERKUALITAS+BACKLINK = RANKING
   Untuk cara mengetahui kata kunci yang tepat silahkan baca artikel CARA RISET KATA KUNCI, kata kunci yang tepat itu yang mempunyai pencariaannya banyak dan saingannya sedikit. Di dalam SEO (search engine optimization ) terdapat 2 tahapan yaitu Pengoptimalan situs secara ON PAGE dan Pengoptimalan situs secara OFF PAGE. 

  Pengoptimalan situs secara ON PAGE yaitu cara dimana kita memaksimalkan sebuah situs dengan memperhatikan isi atau konten situs tersebut bisa dengan kata lain pengoptimalan di dalam situs itu sendiri. Mulai dari susunan katanya dan pemberian kaidah kaidah bahasanya. Sedangkan OFF PAGE yaitu pengoptimalan di luar situs kita seperti memperbanyak backlink.

1. TAHAPAN ON PAGE

    Dalam tahapan ini yang perlu diperhatikan yaitu: 
    Kita ambil contoh kata kunci yang dipilih "Baju Muslim Murah"
a. Buatlah artikel tentang "Baju Muslim Murah" dengan panjang artikel antara 750-1500 kata lebih banyak lebih baik.
b.Kata kunci "Baju Muslim Murah" muncul pada paragraf pertama dan diusahakan di awal kalimat. 
c. Buatlah kata kunci "Baju Muslim Murah" itu muncul di setiap paragraf dalam sebuah artikel.
d. Kata kunci "Baju Muslim Murah" harus muncul sekitar 2 % secara merata di dalam sebuah artikel.              Misalkan panjang artikel 1000 kata, maka kata kunci tersebut harus muncul minimal 20 kali dan tersebar merata di dalam artikel. 
e. Pastikan kata kunci "Baju Muslim Murah" itu di Bold atau ditebalkan, Italic atau miring dan di Underline atau digaris bawah masing masing satu kali.
f. Kata kunci "Baju Muslim Murah" harus muncul 2 kali di META TITTLE.
g.Kata kunci "Baju Muslim Murah" harus muncul 2 kali di META Description.
h. Masukan kata kunci "Baju Muslim Murah" di META keyword contoh : Baju, Baju Muslim, Bajumuslimmurah.
i. Kata kunci "Baju Muslim Murah" harus muncul atau menjadi bagian dari nama domain kita. Contoh: bajumuslimmurah.com.
j. Kata kunci "Baju Muslim Murah" harus muncul di H1, H2 dan H3.
k. Kata kunci "Baju Muslim Murah" harus nge link ke artikel lain di dalam situs kita.
l. Pastikan artikel kita tidak nge link ke situs lain kecuali link affiliasi.
m. Apabila di dalam artikel ada gambar, seharusnya gambar tersebut di beri alt tag.
n. Sebaiknya dalam situs itu ada halaman Privacy and Policy, Disclaimer, Contact Us, dan Sitemap.
o. Bila anda mentarget kata kunci "Baju Muslim Murah" , maka buatlah minimal 4 artikel, panjang artikel minimal 300 - 750 per artikel tentang  "Baju Muslim Murah". Contoh: Baju Muslim Murah di Jakarta, Baju Muslim Murah Tanah Abang, Baju Muslim Murah Komplit dan Baju Muslim Murah Anak Anak.

  Search engine menyukai Konten yang Unik dana bermafaat seperti wikipedia. Search engine ini menginginkan backlink secara alami. Atau situs orang lain nge link ke rekening kita dengan sendirinya. Tetapi kalau situs kita baru tentunya tidak akan tiba tiba mendapatkan backlink secara mudah. Maka dari itu perlu dilakukan tahap OFF PAGE atau pengoptimalan di luar situs.

2. TAHAPAN OFF PAGE

   Off page optimization = Backlink = Situs orang lain yang nge link ke situs kita.
Sebaiknya backlink yang seperti yang harus di cari....????
a. Sebaiknya backlink yang kita cari sejenis dengan situs kita.
b. Memiliki Page rank yang tinggi
c. Memiliki Authority yang tinggi di searc engine.
d. Umur domain sudah cukup tua.
e. Memiliki link ke luar dengan tag DOFOLLOW.

    Oke Sementara sekian dulu tentang pengertian SEO. Semoga Bermanfaat!!!
    Baca juga Artikel tentang
BACKLINK

ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment