Share

Saturday 30 August 2014

Cara Mempromosikan Blog Agar Ramai



Cara Mempromosikan Blog Agar Ramai

Cara Mempromosikan Blog Agar Ramai - Siapa sih para bloger yang blognya tidak ingin terkenal ? mungkin tidak ada bukan. Nah untuk bisa terkenal dan eksis, blog yang kita buat harus kita promosikan. Sehingga orang orang banyak yang tahu tentang keberadaan blog yang kita buat. Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan blog kita. Yang pertama yaitu secara online dan yang kedua secara offline. Baiklah kita akan bahas satu per satu cara mempromosikan blog agar ramai .


Cara Mempromosikan Blog


Cara Promosi Secara Online

1. Menggunakan Media Sosial ( Social Media Marketing )
  • Facebook
 Menggunakan media sosial facebook ini, anda bisa mempromosikan blog anda. Adapun cara yang bisa dilakukan menggunakan facebook yaitu sebagai berikut.

a. Carilah sebanyak banyaknya teman di facebook

Dengan kita mempunyai teman yang banyak di facebook, maka postingan kita akan menjangkau luas. Saat ini maksimal teman di facebook yaitu 5000 orang. Bayangkan saja apabila saat kita promosi, terus dijangkau oleh dua ribuan teman bahkan lima ribu, maka blog yang kita kenalkan akan banyak pengunjungnya.

b. Bergabung dengan group

 Bergabunglah dengan group yang banyak anggotanya. Karena saat kita mengenalkan blog di grup, maka anggota dalam grup tersebut melihat kiriman yang kita posting. Kalau grup itu beranggotakan ribuan, maka kemungkinan besar mereka akan berkunjung ke blog kita.

c. Buatlah Fan Page

 Dengan kita membuat fan page maka jangkauan kita bisa lebih luas, karena kita bisa mencari lebih dari 5000 orang. Maka apabila banyak orang yang mengikuti halaman atau fan page anda, peluang untuk menarik pengunjung ke blog kita pun semakin besar.
  • Twitter
 Dengan menggunakan twiter kita juga bisa mengenalkan blog kita kepada orang orang yang menggunakan twitter. Ikuti atau follow lah orang sebanyak banyaknya sehingga saat kita membuat tweet tentang blog kita, maka orang orang akan mau berkunjung ke blog kita.

2. Memposting Sebagian Artikel di Forum

Anda bisa menggunakan forum sebagai media promosi secara online, yaitu caranya anda bisa membuat thread yang ujung ujungnya merujuk ke blog anda. Anda juga bisa menjawab pertanyaan dari orang yang bertanya di forum dan menyisipkan link dari blog anda sebagai referensi.

3. Blog Walking 

 Adalah berkeliling pada blog blog lain. Dengan kita membaca blog blog orang lain dan berkomentar mengenai suatu artikel atau banyak artikel, kemudian menyisipkan url dari blog kita dengan tujuan admin dari blog itu mau berkunjung balik ke blog kita. Carilah blog yang mempunyai page rank tinggi dan dofollow sehingga bisa menjadi backlink untuk blog kita. Dengan adanya backlink ini, maka akan memperbagus kualitas dari blog kita.

4. SEO ( Search Engine Optmization )

 Untuk cara ini dibagi menjadi dua yaitu pengoptimalan situs secara on page dan pengoptimalan situs secara off page. Untuk pembahasan seo silahkan baca artikel tentang Search engine optimization.

5. Pay per click Advertising

 Promosi ini adalah promosi berbayar alias tidak gratis. Caranya yaitu kita membayar google untuk menempatkan situs atau blog kita supaya berada di halaman pertama pencarian google untuk kata kunci tertentu.

6. Email Marketing

 Caranya yaitu mengumpulkan banyak alamat email dari orang orang lalu kita mempromosikan situs atau blog kita dengan ara mengirimkan artikel dan url blog kita dengan harapan mereka mau berkunjung ke blog yang kita buat.

Cara Promosi Secara Offline

  Nah untuk promosi secara offline, anda bisa membuat kartu nama dan di dalamnya disisipkan alamat blog anda dengan tujuan orang yang kita beri kartu nama mau berkunjung ke blog kita. Selain dengan kartu nama, anda juga bisa menulis di surat kabar, stiker untuk ditempel pada beberapa media dan masih banyak yang lainnya.

 Jika kita sudah melakukan promosi baik secara online maupun offline, tetapi blog kita masih sepi pengunjung, mungkin ada yang salah dari cara kita berpromosi. Yang pertama anda berpromosi pada tempat yang salah, yang kedua mugkin kata katanya kurang menarik. Nah untuk berpromosi saya sarankan tentukan target pasarnya dan juga buatlah orang orang penasaran sehingga mereka mau berkunjung ke blog kita.

 Nah demikian artikel tentang cara mempromosikan blog agar ramai pengunjung. Semoga bisa menjadi referesi anda. Apabila ada kekurangan saya mohon masukannya lewat kolom komentar. Sehingga saya bisa memperbaikinya.



ARTIKEL TERKAIT:

1 comments: