Share

Thursday 7 August 2014

Adsense Google


 Adsense Google atau google adsense ialah program afiliasi dari google untuk para publiser yang menempatkan iklan di situs mereka. Adsense ini merupakan kategori sumber penghasilan Pay per click. Program ini sudah banyak dilakukan oleh para bloger dan publiser lainnya bahkan menjadi kegemaran baginya. Iklan adsense ini ada berbagai bentuk. Berikut ini adalah bentuk dari iklan adsense google.

1. Iklan berbentuk Text

 Jenis iklan ini berbentuk teks seperti pada gambar berikut ini. Untuk ukurannya bermacam macam. Di bawah hanya salah satu contoh saja.

Adsense Google

2. Iklan berbentuk Banner / Display

Jenis ini berbentuk banner atau display seperti gambar berikut ini. Seperti di atas ukurannya juga berbagai macam.
Adsense Google

3. Iklan berbentuk Link Unit

Iklan ini berbentuk link. Lihatlah gambar berikut ini. 

Adsense Google

4. Iklan berbentuk Video

Iklan yang ditampilkan berupa video. Untuk ukurannya juga ada beberapa macam. 
Adsense Google

5. Iklan Seluler

Biasanya iklan ini ditargetkan untuk pengguna seluler. Berikut contoh bentuk iklannya.
Adsense Google

Nah itulah bentuk iklan dari google adsense yang ditampilkan dalam website ataupun blog dari para publiser.

Bagaimanakah google membayar kita?

 Google membayar kita berdasarkan hasil per klik iklan yang di klik oleh orang lain. Jumlah komisi yang diterima juga berbeda beda tergantung dari pemasang iklan ke google. Kadang pemasang iklan hanya berani membayar 10 sen per klik dan ada juga yang lebih dari itu. Tidak sedikit faktor yang menentukan harga per kliknya misalnya tergnatung dari target pasar dan jumlah banyaknya kata kunci dalam pencarian google.

Berapakah komisi yang kita dapatkan dari Adsense Google?

Untuk hal ini, kita tidak diberitahu berapa persen komisi yang diberikan kepada kita atas pembayaran si pemasang iklan. Pastinya komisi dari setiap klik iklan itu berbeda beda. Namun banayak marketer mengira bahwa google membagi komisinya 50-50 ada juga yang mengira 40-60. Tetapi kita tidak tahu berapa % yang pastinya. 
Seandainya si pemasang iklan membayar google $1 per kliknya, maka kemungkinan kita akan mendapat 50 cents, 40 cents ataupun 60 cents. Jadi tidak tahu berapa pastinya. Coba bayangkan saja kalau dalam sehari dapat 100 klik per hari dengan komisi 40 cents maka dalam sehari kita bisa menghasilkan $40. dan Dalam sebulan bisa menghasilkan $1200. Cukup lumayan bukan. 
Namun tidak setiap hari penghasilan dari klik iklan tersebut sama. Kadang naik dan kadang turun.

Bagaimana caranya untuk mengikuti program Adsense Google?
Untuk bisa ikut dalam program adsense anda harus membuat blog atau website yang memuat informasi yang bermanfaat bagi para web surfer atau pengunjung sesuai dengan topik yang anda pilih. Situs memuat paling sedikit 7-10 halaman apabila lebih banyak maka akan lebih baik. Jangan lupa menambahkan privacy and policy, disclaimer, contact us, about us dan site map.

Isi artikel harus unik dan orisinil, tidak hasil copas dari artikel orang lain. Jangan ada link yang mati alias broken link. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Cara Agar Bisa Diterima Google Adsense.

Kalau sudah siap websitenya, silahkan kunjungi situs google adsense www.google.com/adsense
dan silahkan daftarkan blog atau website anda.

Bagaimana google mengirimkan pembayarannya kepada kita?
Google membayarkan pendapatan kita biasanya melalui cek dan western union. Google membayar kita kalau pendapatan kita sudah mencapai $100, apabila belum sampai, maka akan ditunda sampai $100. Usahakan data pribadi sesuai dengan ktp karena untuk mengambil western union data sesuai ktp.

Setelah mempunyai akun adsense langkah selanjutnya apa?
Setelah kita di approve oleh google adsense, yang perlu kita lakukan adalah memasang kode script iklan pada blog kita. Kita tidak usah menentukan jenis iklannya, secara otomatis google akan menyesuaikan jenis iklan sesuai dengan isi dari blog atau website kita.

Hal apa yang perlu dihindari ?
Yang utama yang perlu dihindari adalah meng klik iklan sendiri dengan tujuan memperoleh pendapatan yang maksimal. Google akan mendeteksi kalau kita mengklik iklan sendiri di situs kita. Jadi jangan coba coba mengklik sendiri iklan di situs kita. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel Tips supaya akun adsense kita tidak dibanned

Bagaimana Cara Promosi untuk adsense google?
Cara yang dilakukan untuk program ini hanya dengan cara SEO atau search engine optimization. Untuk penjelasan SEO silahkan baca artikel tentang Pengertian SEO

Cukup sekian penjelasan tentang adsense google, silahkan baca artikel lainnya yang berhubungan dengan adsense. Semoga bermanfaat ya.


ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment