Share

Friday 29 August 2014

Penyebab Gagalnya Promosi di Facebook



Penyebab Gagalnya Promosi di Facebook
 Penyebab Gagalnya Promosi di Facebook - Facebook merupakan media sosial yang terkenal saat ini. Begitu juga oleh para blogger sejati. Seorang blogger saya yakin semuanya mempunyai facebook. Karena tentu tujuannya untuk berpromosi tentang blog mereka. Termasuk anda bukan ?  Media sosial ini memang salah satu media untuk berpromosi para blogger secara gratis dan ada juga yang berbayar. Namun ada kalanya cara promosi ini ada yang salah sehingga menyebabkan usahanya sia sia.

 Ada beberapa faktor yang menyebabkab gagal berpromosi di facebook itu sendiri. Nah saya kali ini akan sharing sedikit tentang apa sih penyebab gagal promosi di facebook itu? apabila ada kesalahan mohon diberi masukan ya.

Penyebab Gagalnya Promosi di Facebook

1. Promosi hanya dengan akun pribadi

 Mungkin banyak dari para blogger yang berpromosi menggunakan facebook namun dengan akun pribadinya. Update status dengan menyisipkan tautan url blognya di facebook dengan tujuan para teman di facebook melihat kiriman anda. Memang hal ini bisa mendatangkan traffic ke blog anda, namun perlu diketahui bahwa status kita  akan tenggelam di beranda para teman kita dalam waktu yang singkat.

 Oleh karena itu, saya sarankan buatlah fan page facebook untuk keperluan promosi. Silahkan baca artikel Cara membuat fan page facebook . Karena dengan fan page ini orang orang yang suka dengan artikel kita, mereka akan me like artikel yang kita buat. Sehingga orang tersebut akan tertarik dan akan berkunjung ke blog kita.

 Setelah anda membuat fan page, untuk mempromosikan fan page sendiri bisa dengan cara membuat badge like pada blog anda,  dengan cara mengundang teman kita untuk menyukai halaman atau fan page yang kita buat dan juga bisa mempromosikan lewat group group yang masih bersangkutan atau ada hubungannya dengan topik di blog kita.

 Nah dengan fanspage ini jumlah yang menyukai halaman kita tidak terbatas, tidak seperti di akun pribadi facebook kita yang hanya dibatasi sampai 5.000 teman saja. Dengan adanya fan page, maka jangkauan untuk mendapat traffic bisa lebih besar. 

2. Berpromosi hanya dengan facebook saja

Saat ini memang facebook nomor 1 sebagai media sosial, namun media sosial yang lain tidak boleh diabaikan begitu saja sebagai sarana promosi. jadi keliru kalau hanya mengandalkan facebook saja. Pakailah twitter, google+ dan lainnya untuk berpromosi, sehingga traffic ke blog kita akan semakin tinggi.

3. Tidak bergabung di group facebook

Group facebook merupakan sarana berdiskusi bagi para membernya. Jadi apabila kita tidak mempunyai group, maka jangkauan untuk berpromosi sempit. Namun juga perlu diperhatikan dalam memilih group di facebook. Carilah group yang aktif dan banyak anggotanya. 

4. Seluruh Artikel blog di posting ke facebook

Ini merupakah salah satu penyebab gagalnya promosi di facebook, mengapa ? karena dengan memposting secara keseluruhan isi artikel yang kita buat di blog, maka tentunya orang akan membacanya di facebook dan tidak akan mengunjungi blog kita. Padahal tujuan dari itu adalah agar orang mungunjungi blog kita.

Memposting hanya berupa link hidup saja. Ini juga kurang efektif untuk menarik pengunjung, karena tidak terlalu membuat orang penasaran terhadap artikel di blog kita. Sehingga mereka malas untuk berkunjung ke blog yang dipromosikan.

Oleh karena itu sebaiknya buatlah sedikit deskripsi atau isi dari artikel dari blog kita lalu sisipkan link hidup sehingga membuat orang penasaran dan pada akhirnya mereka mengunjungi blog kita.

5. Posting artikel di Facebook tanpa jadwal

Dalam memposting artikel di facebook sebaiknya anda perhatikan kapan facebook itu banyak pengunjungnya alias online. Jadi sebaiknya anda posting artikel itu ditentukan kapan waktunya. Usahakan selalu konsisten, sehingga para pengguna facebook penasaran terhadap artikel yang anda buat dan tahu kalau anda aktif dalam blogging.

6. Terlalu Sering mengulang postingan yang sama di Facebook

Terlalu sering memposting artikel yang sama di facebook bisa membuat orang jenuh, bahkan bisa lebih parah lagi akan mengabaikan postingan kita. Mengulang postingan boleh saja asal jangan terlalu sering. Mungkin dengan cara posting 10 artikel yang berbeda, lalu anda bisa mengulangnya kembali di lain waktu dan di selipkan juga artikel yang baru. Lebih baik posting artikel itu yang baru dan menarik. Sehingga pengguna facebook tidak bosan membaca dan mengunjungi blog anda.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya share tentang Penyebab Gagalnya Promosi di Facebook. Semoga bisa dijadikan pengetahuan untuk kita semua. Mohon diberi saran apabila banyak kesalahan.

ARTIKEL TERKAIT:

3 comments: