Share

Sunday 21 September 2014

Pengertian Dropship dan Apa itu Reseller



Pengertian Dropship dan Apa itu Reseller
Dropship dan Reseller

Pengertian Dropship

Sistem Dropship adalah suatu cara dimana kita meminta suplier yang telah menjalin kerjasama dengan kita untuk mengirimkan barang kepada pembeli yang kita tunjuk dengan mencantumkan nama, alamat nomer ponsel dan situs toko online kita sebagai pihak pengirim barang tersebut. Nah jadi kalau ada kata reseller dropship maka artinya yaitu orang yang melakukan sistem dropship itu sendiri.

KEUNTUNGAN MELAKUKAN SISTEM DROPSHIP


1. Tidak Perlu Stock Barang

Sebagai dropshiper kita tidak perlu melakukan stock barang atau produk, karena stock barang sepenuhnya ada oada supplier kita. Sehingga kita tidak harus menyiapkan tempat untuk barang tersebut.

2. Tidak Rugi kalau barang yang kita jual tidak Laku

Nah ini untungnya sebagai dropshiper, kita tidak perlu khawatir dengan tidak lakunya barang atau produk yang kita jual karena supplier yang menanggungnya.

3. Tidak Perlu Melakukan Packing dan Mengirim Barang atau Produk

Sebagai dropsiper kita tidak usah pusing pusing melakukan packing dan pengiriman barang, karena packing dan pengiriman dilakukan oleh supplier kita.

4. Hemat Tenaga dan Waktu

Dengan sistem dropshiping ini kita akan lebih menghemat waktu dan tenaga karena proses packing, pengiriman barang, kegiatan stock telah dilakukan oleh supplier kita.

Nah dengan keuntungan tersebut kita bisa fokus terhadap pelayanan dan memaksimalkan penjualan sehingga kita bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar.

KEKURANGAN MENJADI DROPSHIPER

1. Kurang Memahami Produk atau Barang yang akan di Jual

Biasanya pemahaman terhadap barang yang akan kita jual ini kurang, karena barang tersebut bukan milik kita. Oleh karena itu kalau bisa kita beli salah satu dari produk suplier tersebut supaya kita bisa mengetahui kualitas juga pelayanan dari supplier tersebut.

2. Kurang Mengetahui Jumlah Ketersediaan Barang atau Stock

Nah hal ini juga menjadi salah satu kekurangan sebagai dropshiper karena kita bukan yang mempunyai barang tersebut sehingga kita perlu menanyakan stock kepada suplier tentang ketersediaan barang yang akan kita jual.

SYARAT SYARAT MENJADI DROPSHIPER

Biasanya suplier yang membuka sistem dropsip, mereka memberikan persyaratan untuk bisa bergabung menjadi dropshiper. Mungkin dari beberapa suplier, persyaratannya berbeda beda. Namun biasanya yang sering dipakai yaitu sebagai berikut,

A. Mengisi atau memberikan data berikut ini

- Nama Lengkap
- Alamat Jelas
- Nomor handphone yang selalu aktig
- Pin BB atau Whats Up

B. Mempunyai Rekening Bank

Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bertransaksi. Dengan mempunyai rekening bank, maka pembeli akan mudah dalam proses pembayaran. Lebih banyak rekening bank, maka akan semakin baik.

Nah itulah pengertian dan kelebihan serta kekurangan dari sistem dropship. Untuk yang berikutnya tentang reseller.

Apa sih Reseller itu ?


Reseller berasal dari dua kata yaitu Re kembali dan seller artinya penjual. Nah jadi reseller adalah penjual yang menjual kembali produk atau barang yang dia beli dan di stock untuk di jual kembali dengan harga yang lebih tinggi sehingga ia memperoleh keuntungan. Jadi reseller ini membeli barang dari grosir atau distributor untuk di jual kembali kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi.

KEUNTUNGAN MENJADI RESELLER

1. Bisa Menentukan Harga Sendiri

Sebagai reseller kita bisa menentukan berapa harga jual dari barang yang akan kita jual. Keuntungannya juga tergantung kita yang mengatur.

2. Bisa Mengatur Stock dan Meng audit barang

Seorang reseller, mereka bisa mengetahui stock dari barang mereka. Dan mereka juga bisa meng audit barang barang yang mereka jual.

3. Harga Lebih Murah dibanding Dropshipper

Hal bisa terjadi karena biasanya reseller membeli barang dalam jumlah besar, sehingga bisa mendapaykan potongan harga atau diskon besar dari agen atau distributor.

4. Bisa Menjual Secara Langsung dan bisa juga Secara On Line

Sebagai reseller kita bisa menjual produk atau barang secara langsung, karena memang tersebut kita stock. Selain itu juga bisa secara on line lewat internet sehingga bisa memperluas target pasar kita.

KEKURANGAN RESELLER


Sebagai reseller kita tidak hanya mempunyai kelebihan saja, tetapi juga mempunyai kekurangan antara lain sebagai berikut,

1. Mempunyai resiko kerugian bila barang tersebut tidak terjual atau tidak laku.
Nah karena kita stock barang, maka ada resiko barang tidak laku, sehingga kita bisa rugi dengan tidak lakunya barang tersebut.

2. Modal yang dibutuhkan Cukup Besar
Sebagai reseller kita perlu mempunyai modal yang besar untuk membeli barang yang akan kita jual kepada konsumen.

3. Membutuhkan banyak Tenaga dan Waktu
Hal packaging dan pengiriman barang ini juga membutuhkan tenaga juga waktu yang tidak sedikit. Apalagi kalau barang yang kita jual laku keras di pasaran.

Perbedaan Dropshiper dengan Reseller

Secara garis besar atau intinya yaitu kalau reseller itu melakukan pembelian sekala besar sedangkan dropship hanya sesuai dengan permintaan dari konsumen atau pembeli.

Berikut ini ada sebuah ebook yang bisa anda pelajari tentang dropsip dan banyak hal mengenai marketing toko online. . .dengan harga yang terjangkau. Mungkin ini bisa bermanfaat bagi teman teman

Panduan Dropship 468x60

Demikianlah artikel tentang Pengertian Dropship dan Apa itu Reseller semoga bermanfaat bagi kita semua ya. Silahkan tinggalkan komentar bila ada hal yang perlu ditanyakan atau juga boleh memberikan saran untuk melengkapi artikel ini.

ARTIKEL TERKAIT:

5 comments:

  1. makasih gan info dan penjelasan tentang Pengertian Dropship ...siiipp

    ReplyDelete
  2. sama sama gan, terimakasih telah berkunjung ke blog saya

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat bermanfaat, terimakasih buat admin yang telah menjelaskan secara detail mengenai perbedaan reseller dan dropshipper.

    Oya, bagi yang mau bisnis online jilbab via sosmed bisa dropship jilbab ke kami, banyak model banyak warna, resi update setiap hari :-)

    ReplyDelete