Share

Monday 22 September 2014

Penjelasan Tentang Ebay, Apa itu Ebay ?


Penjelasan Tentang Ebay, Apa itu Ebay ?
Ebay

Penjelasan Tentang Ebay, Apa itu Ebay ?

Ebay adalah tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli untuk berdagang apa saja di seluruh dunia secara online. Ebay ini awalnya hanya tempat berjualan barang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan oleh para pembeli dan ini diluncurkan pada sekitar tahun 1995. Nah lama kelamaan ebay ini berkembang menjadi ajang pasar, dimana anda bisa menjual dan membeli bermacam macam barang seperti barang barang elektronik, fashion, mobil dan lain sebagainya.
Dengan semakin berkembang pesatnya ebay, saat ini anda berpeluang besar untuk membeli dan menjual barang ke seluruh dunia untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan bagi pembeli mereka dapat memilih barang yang mereka cari.

Cara Kerja Ebay atau Sistem Ebay

Bila anda hanya sekedar ingin melihat barang apa saja yang dijual atau barang yang akan dibeli, anda tidak perlu mendaftar di ebay. Anda harus mendaftar atau register di ebay kalau anda membeli atau menjual produk atau barang di ebay. Ebay ini sistemnya pelelangan. Seperti halnya di dunia nyata, yang namanya pelelangan tentunya barang yang akan dibeli itu ditawarkan dahulu, dan bila tercapai harga tertinggi dan tidak ada yang lebih tinggi lagi maka barang tersebut berhasil anda beli. 

Sistem kerjanya yaitu bila  ingin menjual barang maka anda buat daftar pelelangan di ebay terlebih dahulu. Nah setelah dibuat daftar pelelangan itu maka akan terjadi penawaran penawaran barang anda di ebay tersebut. Kemudian setelah terjadi penawaran tertinggi, pihak ebay akan mengirimkan email kepada pembeli untuk memberikan cara bagaimana membayar barang tersebut kepada anda. Lalu pihak ebay juga mengirim email kepada anda untuk memberi tahu siapa yang berhasil membeli produk atau barang yang anda jual dengan harga tertinggi. Lalu anda melakukan langkah pengepakan dan pengiriman barang setelah si pembeli memberikan alamat lengkap dan juga telah melakukan pembayaran terhadap barang yang anda jual.

Sebagai contohnya begini, Andi berniat menjual laptopnya, lalu ia membuat daftar lelang untuk laptop di ebay. Terus ada Budi yang sedang mencari laptop di ebay dan menemukan laptopnya Andi. Banyak penawaran terhadap laptopnya Andi dan Budi mengajukan penawaran tertinggi, kemudian pihak ebay mengirimkan email kepada Budi untuk memberitahukan bagaimana dia membayar laptop tersebut kepada Andi. Dan Andi juga menerima email dari ebay bahwa Budi yang memenangkan lelang laptopnya. Kemudian Andi memberitahukan ke Budi berapa biaya yang harus dibayarnya. Lalu Budi membayar dan mengirimkan alamat lengkapnya ke Andi. Terus Andi melakukan pengemasan dan pengiriman laptop tersebut untuk dikirim ke Budi.

Siapa saja yang menjual produk atau barang di Ebay ?

Kalau pertanyaanya seperti di atas, maka jawabannya tentunya siapa saja bisa menjual produknya di Ebay yang sesuai dengan TOS dari Ebay itu sendiri. Contoh yang menjual produknya di Ebay adalah sebagai berikut.
  • Wiraswasta / Pebisnis Pemula : Ebay bagi wiraswasta yang bertujuan memasarkannya lebih luas ini sangat cocok karena rendah biaya.
  • Pengecer Domestik : Tidak perlu mengeluarkan ongkos sewa dan biaya pengeluaran bahkan bisa menjangkau berjuta juta pembeli.
  • Pedagang Expor dan Impor ( Exportir dan Importir ) : Mereka juga bisa memasarkan barang lewat ebay untuk memperluas pemasaran barang atau produknya.
  • Manufaktur Lokal 
  • Grosir atau Distrbutor Domestik
Nah bila anda ingin menjual barang secara lelang, Ebay ini sangat cocok untuk anda sebagai tempat menjual barang atau produk yang akan anda jual.

Baiklah cukup sekian dulu penjelasan tentang ebay, apa itu ebay. Penjelasan lainnya yang masih berhubungan dengan ebay mungkin akan dibahas lain waktu ya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk kita semua. Amiiin.

ARTIKEL TERKAIT:

4 comments:

  1. hehehe masih belajar mba....udah saya kunjung balik mba, blognya bagus mba, trafiknya jga udah tinggi. Minta sarannya dong mba biar trafficnya tinggi. terimaksih telah mampir mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar traffic naik dan disukai google mending meningkatkan jumlah artikel yang menarik dan original,,, blognya bagus, salam kenal gan

      Delete
  2. Mas Aries@ terimakasih mas. Salam Kenal juga mas.

    ReplyDelete
  3. Saya mempunyai koleksi duit syiling lama yang hendak di lelong

    ReplyDelete